Cara Merawat Burung Kakak Tua Hingga Sampai Bisa Bicara

Burung Kakak Tua adalah termasuk burung yang sensitif terhadap respon dari luar. Jagalah dia dengan baik-baik, ajaklah dia berteman yang dekat, jangan kasari dia dan burung hias ini jangan dibuat stres. Burung ini akan marah jika didekati oleh orang yang tidak di kenal atau seseorang yang tidak ia suka. Bahkan kalau berjarak dekat dengan jangkauannya burung ini bisa akan mematoknya. Rasanya gimana yah jika di patok oleh burung Kakak Tua? Coba saja! hehe.. paling ya agak gatal.. hehee..
Burung Kakak Tua Lucu
Burung Kakak Tua Lucu

Cara mudah merawat burung Kakak Tua hingga sampai bisa bicara adalah:
1. Burung Kakak Tua adalah termasuk jenis burung yang di lindungi maka jika ingin memelihara burung ini harus berizin dulu kepada pihak yang terkait sah secara hukum Indonesia.
2. Kandang harus yang lebar agar supaya burung ini bisa leluasa bergerak serta terjaga keindahan bulunya. Ukuran kandang adalah untuk kakatua kecil 70 cm x 70 cmx 100 cm sedangkan untuk kakatua dewasa buat ukuran kandang 100 cm x 100 cm x 200 cm.Dan harus terbuat dari bahan yang kuat karena paruh burung kakak Tua sangat kuat.
3. Cara melatih Burung Kakak Tua
Jika burung Kakak Tua masih kecil itu lebih mudah dilatih dari pada burung Kakak Tua yang sudah dewasa. Latih lah dia untuk suara yang tetap dulu seperti Suara Assalamualaikum sampai setiap hari. Selain Assalamualaiku juga bisa suara Kulonuwun dan lain sebagainya. Burung ini termasuk burung yang mempunyai daya intelijensi tinggi dia bisa berfikir karena kebiasaannya. Misal melatih burung ini di kala pagi, anda bisa mengucapkan "Selamat Pagi/Good Morning" kemudian dikala sore anda bisa memberikan suara Selamat Sore/Good Afternoon. Janganlah diberi suara yang jorok/kotor karena nanti anda yang rugi sendiri.
Jangan di ajak bercanda terlebih dahulu sebelum dia mahir dan pintar, seperti anda memberi makan namun tidak jadi dan sebagainya.
4. Cara memandikan Burung Kakak Tua
Mandikanlah burung Kakak Tua anda di kala pagi hari maupun sore hari pada saat cuaca cerah. Sebaiknya memandikan burung ini seminggu sekali saja. Mandikan dengan air pancuran/kran, jangan secara langsung, pancuran air di tahan menggunakan tangan agar supaya tekanan air yang mengenai bulunya tidak secara langsung dan bulunya menjadi tidak rusak dan terjaga. Anda bisa menyediakan air hangat kuku yang di taruh di mangkok kecil untuk berendam. Manfaat memandikan burung Kakak Tua adalah agar supaya bulu burung ini bersih dan tidak bau, sehat serta warna bulunya menjadi mengkilap dan bersih.
5. Makanan Burung Kakak Tua
Untuk wadah yang bagus adalah yang terbuat dari keramik atau stainless steel.
Untuk makanan burung Kakak Tua silahkan baca pada artikel ini !!

Demikian panduan cara merawat burung Kakak tua hingga sampai pandai bicara. Semoga berguna. Sayangi Mahluk hidup, lindungi mereka serta biarkan mereka hidup dialam bebas!!

4 Responses to "Cara Merawat Burung Kakak Tua Hingga Sampai Bisa Bicara"